Header Ads

ads header

Breaking News

KB 2. STATISTIKA (Ukuran Pemusatan Data)/semester 1

B.     Ukuran Pemusatan Data

Ukuran pemusatan data adalah sembarang ukuran yang menunjukkan pusat sekumpulan data yang telah diurutkan.  Pengurutan bisa dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya. Beberapa jenis nilai dalam ukuran pemusatan data yang akan dijelaskan dalam bab ini meliputi rata-rata (Mean), Median, Modus, baik yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi maupun histogram.

1. Rata-rata (Mean)

            Rata-rata dihitung dengan menggunakan semua nilai dalam data, yaitu jumlah seluruh nilai data dibagi dengan banyaknya data. Simbol rata-rata adalah  (dibaca : x bar). Rata-rata dirumuskan sebagai berikut.

v  Data Tunggal

v  Data Kelompok

2. Modus

Modus adalah bilangan yang mempunyai frekuensi tertinggi atau bilangan yang sering muncul. Modus disimbolkan dengan Mo. Penentuan modus berbeda untuk data tunggal dan data kelompok.

v  Data Tunggal

Modus pada data tunggal dapat ditentukan langsung dengan memperhatikan frekuensi dari data tersebut. Data yang memiliki frekuensi tertinggi, maka data itulah yang merupakan modus.

v  Data Kelompok

   3. Median 

           Median merupakan nilai tengah data setelah data tersebut  diurutkan. Median disimbolkan            dengan Me. Penentuan median untuk data tunggal dan data kelompok terdapat perbedaan.

v  Data Tunggal

      Median pada data tunggal ditentukan dengan memperhatikan banyak datanya. Jika  banyak data ganjil, maka mediannya merupakan data paling tenggah

Data Kelompok 


        Materi selengkapnya silahkan download link dibawah ini

            LKPD 2





 


 



                       

            

 


Tidak ada komentar