Header Ads

ads header

Breaking News

LINGKARAN BAG 1


LINGKARAN 

Pengertian Lingkaran

Lingkaran adalah tempat kedudukan titik pada bidang datar yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Titik tertentu tersebut dinamakan titik pusat. Jarak yang sama tersebut dinamakan jari-jari. Nama lingkaran biasanya sesuai dengan nama titik pusatnya, sedangkan jari-jari lingkaran dilambangkan r. Misalkan lingkaran P disamping berjari-jari r.

Busur Lingkaran

Busur adalah himpunan titik-titik yang berupa kurva lengkung (baik terbuka atau tertutup) dan berimpit dengan lingkaran. Misalkan titik A dan titik B terletak pada lingkaran P, busur AB ada dua macam yang dapat digambarkan sebagai berikut.

Busur minor yaitu busur yang panjangnya kurang dari setengah lingkaran. Busur mayor yaitu busur yang panjangnya lebih dari setengah lingkaran. Apabila tidak ada keterangan, yang dimaksud busur AB adalah busur minor AB. Busur lingkaran dilambangkan dengan. Adapun rumus dari panjang busur berikut adalah 

Sudut yang Menghadap Busur Lingkaran

Misalkan titik A, B, dan C terletak pada lingkaran P. Perhatikan gambar lingkaran P dan sudut-sudut yang menghadap busur AB berikut.

  1. Sudut pusat adalah sudut yang titik sudutnya sama dengan titik pusat lingkaran. Kedua kaki sudut pusat merupakan jari-jari lingkaran. Pada gambar di atas, sudut APB (APB) merupakan sudut pusat yang menghadap busur AB.
  2. Sudut keliling adalah sudut yang titik sudutnya berada pada lingkaran dan kedua kaki sudutnya merupakan tali busur lingkaran. Pada gambar di atas, sudut ACB (ACB) merupakan sudut keliling yang menghadap busur AB.











Tidak ada komentar